Jual Benur Bibit Udang Vaname Air Asin & Tawar Fresh

jual benur bibit ikan vaname

Jual Udang Vaname Popularitas udang vaname di Indonesia semakin meroket apalagi sejak Presiden Jokowi mengikuti acara panen udang vaname di Muara Gembong pada Januari 2019 lalu. Sebenarnya spesies udang vaname sudah ada di Indonesia sejak tahun 1996 kemudian udang vaname mulai dibudidayakan ketika produksi udang windu menurun dikarenakan kematian massal. Budidaya udang vaname semakin banyak ditemukan di tahun 2001-2002 dan menjadi lahan bisnis yang sangat potensial.

Jual Bibit Udang Vaname – Bibit Udang Air Tawar – 0853-3532-5033

Mengenal Udang Vaname

Udang vaname (Litopenaeus vannamei) memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada udang biasa namun lebih kecil dari udang windu. Tubuhnya berwarna agak putih dengan warna kekuningan dengan kulit keras dan daging yang tebal dan kaki berwarna putih.

Dikutip dari detik.com, bagian kepala udang vaname menyatu dengan bagian dada (cephalothorax) yang terdiri dari 13 ruas (5 ruas di kepala dan 8 ruas di dada). Bagian badan dan abdomen terdiri dari 6 ruas serta sepasang anggota badan atau kaki renang. Bagian kepala udang dilindungi oleh cangkang yang meruncing, disebut cucuk kepala atau rostrum.

Udang jenis ini banyak ditemukan di pantai barat Amerika, khususnya di daerah sekitar Teluk California, Guatemala, El Salvador, Nicaragua, hingga Peru di Amerika Selatan. Uniknya, walau habitat asli udang vaname di laut, udang ini dapat dibudidayakan di kolam air tawar maupun air payau, dengan lokasi di dataran rendah hingga sedang. Terlebih lagi, udang ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat di kisaran salinitas yang luas.

Maka dari itu, peluang pembudidayaan udang vaname ini sangat terbuka lebar ditambah dengan keberadaan supplier seperti Bibit Ikan yang menyediakan benur bibit udang vaname air asin dan air tawar dalam keadaan yang masih fresh. Selain untuk budidaya, kami juga menyediakan udang vaname untuk dikonsumsi.

Keunggulan Budidaya Udang Vaname

Saat ini udang vaname masuk ke dalam varietas udang unggulan karena memiliki beberapa kelebihan dibandingkan udang jenis lain seperti yang dikutip dari Infishta:

  • Memiliki daya tahan yang baik terhadap perubahan kondisi lingkungan dan penyakit.
  • Memiliki laju pertumbuhan yang lebih cepat. Pembudidaya dapat menghasilkan sekitar 3 gram dalam satu minggu.
  • Memiliki derajat kehidupan yang tergolong tinggi.
  • Hemat pakan dan udang jenis ini tidak membutuhkan asupan protein yang tinggi dalam pakannya.
  • Waktu pemeliharaanya yang relatif cukup pendek, yaitu berkisar antara 90 hingga 100 hari, dalam sekali siklus.
  • Modal yang dibutuhkan relatif tidak terlalu besar, namun harga jual udangnya tinggi.
  • Udang vaname dapat dibudidayakan di air dengan kisaran salinitas yang luas. Untuk pemula, budidaya dapat dilakukan menggunakan kolam terpal.

Dari beberapa keunggulan di atas, tidak diragukan lagi jika peluang bisnis udang vaname sangat besar ditambah dengan semakin meningkatnya permintaan konsumen dalam dan luar negeri. Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi kami di sini untuk mendapatkan informasi mengenai benur bibit udang vaname air asin dan air tawar yang berkualitas sebagai langkah tepat bisnis budidaya Anda. Kami menyediakan udang vaname yang akan dikirim dari Lamongan dan Bali ke seluruh kota di Indonesia.

 

TIPS BUDIDAYA UDANG VANAME UNTUK PEMULA

Jika Anda baru akan memulai budidaya udang vaname, ada baiknya Anda mengikuti langkah-langkah berikut agar mendapatkan hasil panen udang vaname yang baik.

1. Persiapkan Lokasi Budidaya

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan lokasi yang tepat yaitu lahan kosong dan cukup luas atau disesuaikan dengan kebutuhan. Persiapan lahan budidaya akan menentukan 60% dari keberhasilan budidaya udang vaname.

2. Proses Pemupukan Tambak Udang Vaname

Selanjutnya, Anda perlu lakukan proses pemupukan. Mulai dari memeriksa apakah masih ada hama yang tertinggal di tambak dan pengukuran pH yang tepat.

3. Pengisian Air Tambak

Kedalaman air yang disarankan adalah sekitar 1 sampai 1,5 meter. Kemudian lakukan pengukuran kepadatan alga dengan menggunakan secchi disk, yang sebaiknya dilakukan saat pagi dan sore hari.

4. Pemilihan Bibit Unggul Udang Vaname

Bibit Ikan menyediakan bibit udang vaname air asin dan air tawar berkualitas dan unggul yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bentuk tubuh panjang dan ramping
  • Ukurannya lebih besar dari bibit lain
  • Memiliki warna tubuh putih yang transparan dan tidak diselimuti lumut
  • Bagian kakinya bersih
  • Gerakannya lincah dan mampu melawan arus
  • Isi ususnya tidak putus
  • Memiliki respon yang baik terhadap gerakan

5. Penebaran Bibit

Bibit yang dapat ditebar adalah yang berusia 6-10 hari. Lakukan penebaran di sore hari atau ketika matahari tidak terik. Ukur suhu air dan pastikan berada di antara 10 hingga 15 derajat Celcius.

6. Pemberian Pakan dan vitamin

Frekuensi pemberian pakan yang maksimal yaitu 6 kali sehari dengan jenis pakan berupa pelet dengan kandungan protein 30%, takaran menyesuaikan ukuran daripada berat udang serta masa pertumbuhan udang. Pakan berupa pelet diberikan rutin 2-3 kali sehari. Sedangkan pemberian vitamin dilakukan untuk merangsang nafsu makan dalam masa pergantian kulit.

Itulah tips singkat untuk memulai usaha budidaya udang vaname.
Jangan ragu menghubungi kami untuk informasi jual benur bibit udang vaname air asin dan air tawar dan juga beragam bibit ikan lainnya di 0853-3532-5033.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Tanya langsung di WhatsApp