Jual Bibit Ikan Nila Merah & Hitam Terdekat

Jual Ikan Nila Merah & Hitam Surabaya

Ikan nila merah dan hitam merupakan jenis ikan nila yang secara umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Kedua jenis ikan ini juga yang dapat dijumpai di tempat budidaya ikan konsumsi. Meski sebenarnya sama seperti ikan lele, ikan nila pun mempunyai beragam varietas. Hingga saat ini, daya beli ikan nila tidak kalah dengan ikan air tawar seperti ikan gurame dan lainnya.

Rasa ikan nila yang gurih setelah diolah dengan daging yang tebal membuat kebanyakan masyarakat menyukai ikan jenis ini. Ketika permintaan akan ketersediaan ikan nila semakin tinggi, tentu saja peluang sebagai pembudidaya ikan nila juga sangat terbuka lebar. Apakah Anda salah satu pembudidaya ikan yang ingin mencoba membudidayakan ikan nila? Jika iya, yuk ikuti langkah-langkah budidaya ikan nila di bawah ini.

Jual bibit ikan nila merah dan hitam terdekat | 0853-3532-5033

 

PERSIAPAN KOLAM

Hal pertama yang harus disiapkan adalah tempat pembudidayaan ikan nila. Anda dapat menentukan jenis kolam beserta budget yang Anda miliki. Kolam ikan tanah merupakan solusi bagi Anda yang hanya memiliki lahan kosong karena jenis kolam ini terbilang murah. Jika Anda memiliki budget lebih, mungkin Anda dapat membangun kolam beton, terpal bioflok yang canggih hingga menggunakan drum.

 

PEMILIHAN BIBIT

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah pemilihan benih atau bibit ikan nila. Cari tahu ikan nila varietas apa yang banyak dibudidayakan di daerah Anda dan sesuaikan dengan lokasi pembudidayaan. Jika Anda sudah meriset dan memutuskan bibit ikan nila yang akan dibudidayakan, selanjutnya cari harus supplier bibit ikan.

Kami sebagai supplier berbagai jenis bibit ikan dan udang vaname, menyediakan juga bibit ikan nila terbaik bagi Anda. Untuk mengetahui harga bibit ikan nila terbaik, silakan hubungi kami di sini. Kami juga melayani pengiriman bibit ikan ke seluruh wilayah Indonesia.

 

PENEBARAN BIBIT

Tebar bibit ikan nila pada kolam yang telah siap dan diisi air setinggi 70cm. Dilansir dari Erakini, Anda dapat menebarkan bibit ikan nila sebanyak 100 ekor/ m2 untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu Anda bisa hemat ruang apalagi jika Anda memiliki kolam lebih dari satu. Jadi ketika ikan nila siap panen, keuntungan yang didapat menjadi berkali lipat.

Tebar bibit ikan pada waktu pagi atau sore agar bibit ikan tidak stres karena perubahan suhu secara tiba-tiba.

 

PEMBESARAN & PEMELIHARAAN

Agar budidaya ikan nila Anda berhasil, tekunlah dalam tiga kunci sukses ini yaitu perawatan air, pemberian pakan dan penanganan terhadap hama dan penyakit. Rajin mengganti air kolam ketika ada bau tidak sedap atau ketika ada sampah dedaunan yang terlihat di permukaan kolam.

 

PEMBERIAN PAKAN

Jika Anda memilih budidaya ikan nila, maka Anda harus siapkan biaya pakan yang cukup mahal. Ikan nila tidak cukup hanya dengan diberi pakan plankton karena ikan nila membutuhkan pelet dengan kadar protein sekitar 20%-30%. Pemberian pakan ikan nila harus mencukupi 3% dari bobot ikan. Misalnya bobot ikan nila 100 gram, maka ikan tersebut membutuhkan pelet sebanyak 3 gram.

Saat pemberian makan, Anda dapat sambil memeriksa gerakan ikan. Pastikan gerakan ikan gesit dan aktif. Apabila ada ikan yang diam di pojokan, waktunya Anda memeriksa keadaan ikan tersebut.

 

MASA PANEN IKAN NILA

Masa panen ikan nila bervariasi antara 2-7 bulan tergantung dari lokasi dan ketekunan pengusaha. Namun umumnya ikan nila dapat dipanen di usia 4 bulan. Keputusan panen ikan nila biasanya lebih didasari dari berat ikan yang disesuaikan dengan kebutuhan pembeli. Berat ikan nila yang dapat dipanen berkisar antara 300-500 gram/ekor.

Untuk mengetahui estimasi harga bibit ikan dan ikan nila siap panen,
Anda dapat menghubungi kami di nomor 0853-3532-5033

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Tanya langsung di WhatsApp