Jual Bibit Ikan Gurame di Surabaya, Jakarta, Bekasi, Lamongan

jual bibit ikan gurame surabaya

Supplier Bibit Ikan GuramiBibitIkan.id adalah penjual bibit ikan Gurame di Lamongan, yang siap mengirimkan bibit ikan ke berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bekasi, Surabaya, Depok, Medan, Lampung dan sebagainya. Telah ada sejak puluhan tahun yang lalu, kami telah dipercaya dan direkomendasikan oleh para petani ikan, khususnya di daerah Lamongan karena kualitas bibitnya, harganya yang murah dan juga hitungan per ekornya yang sesuai dan akurat, sehingga tidak merugikan pembudidaya ikan air tawar.

Gurame yang mempunyai nama latin Oshpronemus gouramy Lacepede merupakan jenis ikan air tawar asli Indonesia yang berasal dari perairan Jawa Barat. Di habitat alam, gurame dapat ditemukan di sungai-sungai, rawa dan kolam. Beberapa jenis gurame yang sudah dikenal masyarakat diantaranya gurami angsa, gurami jepun, blausafir, paris, bastar dan perselen.

Jual Bibit Ikan Gurami, 0853-3532-5033 – Siap kirim kemana saja.

Empat diantara jenis gurame tersebut banyak dikembangkan di Jawa Barat, khususnya Ciamis, Tasikmalaya dan Bogor. Dari semua jenis, perselen disebut-sebut lebih unggul dalam menghasilkan telur sehingga jenis ini masuk ke dalam gurame yang paling banyak dicari. Sebagai perbandingan, jika induk bastar dalam tiap sarangnya mampu menghasilkan 2000-3000 butir telur, gurame perselen mampu 10.000 butir.

Sama seperti ikan lainnya seperti ikan bandeng, ikan gurame juga memiliki banyak peminat di Indonesia. Namun di kelas ikan air tawar, gurame menjadi primadona dibanding jenis ikan tawar lainnya. Hal ini membuat harga ikan gurame lebih tinggi daripada harga ikan air tawar lainnya. Melihat permintaan pasar yang cukup tinggi akan ketersediaan ikan gurame, maka hal ini dibilang sangat menguntungkan bagi para pembudidaya.

Pangsa pasar ikan gurame yang cukup tinggi juga merupakan hal baik bagi kami sebagai penyedia bibit ikan gurame grade super yang ditujukan untuk budidaya dan konsumsi. Bagaimana memulai peluang usaha budidaya ikan gurame yang sangat menjanjikan ini? Mari, simak ulasan di bawah ini tentang cara budidaya ikan gurame.

 

Persiapan Kolam

Ikan gurame dapat hidup di kolam dengan kondisi apapun namun jika ingin mendapatkan ikan gurame yang berkualitas, maka disarankan menyiapkan kolam dengan suhu ideal antar 25-29 derajat Celcius yang berada pada ketinggian 200-500 mdpl.

Agar suhu kolam tetap normal yaitu 28 derajat Celcius, Anda dapat memanfaatkan sekam yang ditabur di dasar kolam sebelum menutupinya dengan terpal. Kemudian jangan lupa untuk menjaga tingkat keasaman (pH) perairan di antara 6,5 hingga 7,8. Budidaya ikan gurame setidaknya membutuhkan empat kolam yang terdiri dari kolam induk, kolam pemijahan, kolam pemeliharaan benih, dan kolam pembesaran.

 

Penjemuran dan Pemupukan Kolam

Jika Anda memilih membudidayakan gurame di kolam tanah secara langsung tanpa dialasi terpal, sebaiknya keringkan dan jemur kolam terlebih dulu. Kemudian taburkan garam krasak untuk membasmi hama yang tersisa di dasar kolam. Kolam tanah juga perlu diberi pupuk sebelum dipakai. Pupuk yang digunakan adalah pupuk pupuk kandang yang sudah terfermentasi menggunakan cairan gula dan ragi tape. Proses pemupukan akan memakan waktu kurang lebih empat hari.

Pupuk kandang harus dijemur selama dua hari lalu dimasukkan ke dalam karung yang dilubangi di beberapa tempat. Kemudian masukkan ke dalam kolam yang nantinya diisi air dengan ketinggian sekitar 50 cm dan tambahkan satu sendok pupuk urea. Tunggu selama empat hari sebelum diisi benih ikan gurame.

 

Penebaran Bibit

Penuhi air di kolam yang sudah selesai dijemur lalu taburkan garam kurang lebih 2 ons/m3. Biarkan bibit ikan gurame yang di dalam plastik beradaptasi dulu dengan air kolam dengan cara memasukkan bibit bersama plastik ke dalam kolam hingga nampak embun pada plastik.

Barulah ikatan plastik boleh dilepas dan biarkan bibit ikan gurame berenang keluar dengan sendirinya. Pastikan memilih bibit ikan gurame grade super dari Lamongan dan Bali dengan harga murah hanya di BIBITIKAN.ID. Kami melayani pengiriman bibit ikan gurame ke seluruh kota di Indonesia.

 

Pemberian Pakan

Bibit ikan gurame termasuk ke dalam karnivora yang gemar mengkonsumsi larva insect, crustacean dan zooplankton meski ikan gurame dewasa hanya memakan tumbuhan. Ikan gurame dewasa yang dibudidaya akan diberi makan daun talas, daun singkong dan kangkung. Agar ikan gurame tumbuh optimal, pemberian pelet juga disarankan.

 

Masa Panen

Usia gurame yang siap panen adalah usia 2 hingga 3 tahun. Gurame berusia 2 tahun memiliki bobot rata-rata 0.3kg/ekor dengan panjang tubuh sekitar 25 cm. Sedangkan gurame berusia 3 tahun memiliki bobot rata-rata 0.7 kg/ekor dan  panjang tubuh 35 cm.

Bagaimana? Siap menjadi pembudidaya ikan gurame dan mendapatkan keuntungan yang besar?
Ayo, segera hubungi kami. Kami juga menyediakan bibit ikan bandeng, lele, bawal, patin, udang vaname dan lain-lain.

Info penjual bibit ikan gurami, silahkan chat kami di 0853-3532-5033

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Tanya langsung di WhatsApp