BIBITIKAN.ID, Awal Kesuksesan Budidaya Ikan Bawal Air Tawar

BIBITIKAN.ID, Supplier beragam bibit ikan air tawar yang terpercaya

CEK HARGA BIBIT IKAN BAWAL

Ikan bawal dikenal karena rasanya yang lezat, memiliki duri yang sedikit dan sekilas bentuknya mirip ikan piranha yang berasal dari Sungai Amazon. Bukan tanpa alasan mengapa bentuk tubuh ikan ini mirip dengan piranha karena ikan bawal berasal dari Venezuela juga dan dapat ditemukan di Colombia, Peru, Ekuador, Brazil, dan Argentina. Selain ditemukan di Sungai Amazon, ikan bawal juga dapat dijumpai di anak-anak Sungai Amazon dan Lembah sungai Orinoco, serta daerah aliran sungai Rio de La Plata.

Indonesia baru mengenal ikan bawal di tahun 1986 yang awal mulanya dijadikan ikan hias. Namun seiring berjalannya waktu, pasar ikan bawal sebagai ikan hias ini menurun dan akhirnya dijadikan sebagai ikan konsumsi. Justru hingga saat ini budidaya ikan bawal air tawar semakin digemari di kalangan pembudidaya ikan tawar karena keuntungan yang besar ketika panen berhasil. Jika Anda juga tertarik memulai budidaya ikan bawal, Anda dapat memulai dengan memahami ikan bawal agar proses budidaya berjalan lancar.

KLASIFIKASI IKAN BAWAL AIR TAWAR

Menurut Saanin (1984), klasifikasi ikan bawal air tawar dengan nama latin Colossoma macropomum dijabarkan sebagai berikut :

Filum : Chordata
Subfilum : Craniata
Kelas : Pisces
Subkelas : Neopterigii
Ordo : Cypriniformes
Subordo : Cyprinoidea
Famili : Characidae
Genus : Colossoma
Species : Colossoma macropomum

MORFOLOGI IKAN BAWAL AIR TAWAR

Dilihat dari arah samping, bentuk tubuh ikan bawal tampak membulat (oval) dengan perbandingan antara panjang dan tinggi 2 : 1 dan pipih (compresed) dengan perbandingan antara tinggi dan lebar tubuh 4 : 1. Bisa disimpulkan dengan bentuk tubuh seperti ini, gerakan ikan bawal tidak secepat ikan lele dan ikan karper rumput. Namun gerakan ikan bawal lebih mirip ikan gurame.

Bentuk kepala ikan bawal air tawar berukuran kecil yang terletak di ujung kepala tetapi agak sedikit ke atas. Matanya kecil dengan lingkaran berbentuk seperti cincin sedangkan rahang ikan bawal pendek dan kuat serta memiliki gigi seri yang tajam. Ada 5 buah sirip (pinnae) yang dimiliki ikan ini yang terdiri dari sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip anus, dan sirip ekor.

Bentuk sirip punggung ikan bawal kecil  dan tinggi dengan sebuah jari-jari agak keras tetapi tidak tajam, sedangkan jari-jari sirip di bagian tubuh lainnya lemah. Berbeda dengan sirip punggung bawal laut yang agak panjang, letak sirip ini pada bawal air tawar agak ke belakang.

Bentuk sisik ikan bawal kecil berbentuk ctenoid, dimana sisik tersusun seperti genteng yaitu setengah bagian sisik belakang menutupi sisik bagian depan. Warna tubuh ikan bawal cenderung abu-abu gelap di bagian atas, sedangkan bagian bawah berwarna putih.

HABITAT IKAN BAWAL AIR TAWAR

Habitat asli ikan bawal tergolong luas mulai dari air laut, air payau dan air tawar. Bawal juga dapat hidup dengan baik di muara sungai yang kadar garamnya sedang. Melihat habitat bawal yang luas, maka bawal dapat dipelihara di berbagai salinitas perairan yang beragam. Untuk budidaya, ikan bawal harus dipelihara dalam air yang bersuhu 20-30 derajat Celcius.

Air dalam media budidaya harus memiliki kandungan oksigen (O2) terlarut sebesar 3 ppm (miligram perliter) sedangkan karbondioksida (CO2) di bawah 15 ppm, NH3 (amoniak) sebesar 0,05 ppm dan NO2 sebesar 0,25 ppm. Ikan dapat bertahan pada tingkat keasaman (pH) air berkisar antara 5-7 tetapi agar pertumbuhan ikan maksimal, maka tingkat keasaman air dapat dijaga pada kisaran 6,5-7.

MANAJEMEN PAKAN IKAN BAWAL AIR TAWAR

Ikan bawal air tawar bersifat soliter dan termasuk ke dalam golongan ikan omnivor yang mengkonsumsi zooplankton, insekta, siput, ampas kelapa dan tumbuh-tumbuhan. Dikutip dari situs tanah kaya, ikan bawal budidaya juga diberi pakan pelet tipe FF999, 781-SP, 781-2, dan 781 sesuai dengan bobot ikan. Pemberian pakan dapat dilakukan 3 kali sehari pagi, siang dan sore.

HARGA BIBIT IKAN BAWAL AIR TAWAR

dibawah ini adalah info harga benih ikan bawal tawar, selain jual bibit ikan bawal, kami juga menjual aneka ikan tawar untuk budidaya seperti Bandeng, Udang Vaname, Nila Merah & Hitam, Patin, Bibit Gurame dan lain sebagainya.

Ukuran Kapasitas/box Harga (Rp)
3/4 5.000 300/ekor
7-9 1.500 600/ekor

*) Harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu, info terbaru kontak admin via WhatsApp
*) Harga belum termasuk biaya pengiriman

PROSES PEMESANAN & PENGIRIMAN

Anda dapat memesan bibit ikan bawal melalui customer service kami di nomor 0853-3532-5033 dengan format nama, jumlah berat, dan alamat. Kami telah menjadi kepercayaan pembudidaya Lamongan dan sekitarnya. Kini kami juga melayani pengiriman ke seluruh Indonesia seperti Makassar, Pontianak, Jakarta, Lampung, Banjarmasin, Palembang dan kota besar lainnya.

Untuk pembelian dari kota di luar Pulau Jawa akan dikirimkan oleh ekspedisi rekanan via pesawat udara. Kami akan informasikan detail pengiriman seperti informasi pesawat, nomor penerbangan hingga jam penerbangan dari Surabaya ke kota tujuan Anda. Juga akan kami informasikan surat muat udara setelah ikan masuk cargo pesawat.

Saat penjemputan paket di bandara, mohon dicek saat serah terima dengan pihak ekspedisi terkait kondisi ikan. Sebelum pengiriman, kami juga double check kualitas pengemasan dan memberikan sedikit bius untuk meminimalisir angka kematian saat pengiriman  jarak jauh.

 

CEK HARGA BIBIT IKAN BAWAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Tanya langsung di WhatsApp