Beli Benih Ikan Gurame di BIBITIKAN.ID, Harga Murah Bisa Kirim Kemana Saja

jual bibit ikan gurame murah

Tak perlu khawatir cari pembeli kalau beli bibit ikan di sini

Perkenalkan, Osphronemus gouramy atau ikan gurame yang merupakan ikan asli perairan Indonesia yang telah dipelihara sejak zaman kerajaan Raja Galuh di Priangan Timur atau yang saat ini bernama Kabupaten Ciamis. Dahulu gurame hanya dapat dinikmati oleh kalangan kerajaan saja. Mungkin inilah alasan mengapa harga ikan gurame lebih mahal dan tidak pernah turun hingga saat ini. Meski harga gurame lebih mahal, ikan ini tetap digemari para penikmatnya.

Ikan kerajaan ini memiliki banyak sebutan di Indonesia mulai dari gurameh di daerah Jawa sedangkan di wilayah Sumatera, gurame dikenal dengan nama kala atau alui. Ikan gurame menjanjikan banyak keuntungan ketika panen berhasil. Namun bukan berarti nihil kekurangan saat Anda menjadi pembudidaya ikan gurame. Untuk memantapkan diri memulai budidaya ikan gurame, mari kita lihat klasifikasi hingga manajemen pakan ikan gurame.

 

Cari Bibit Ikan Gurame Yang Bagus & Murah? Chat WhatsApp di 0853-3532-5033

 

MORFOLOGI IKAN GURAME

Anda dapat melihat ciri utama ikan gurame berdasarkan ordo gurame yaitu Labyrinthici yang berarti kelompok ikan yang mampu menghirup oksigen langsung dari udara dengan bantuan Labirin. Selanjutnya sub ordo Anabantoidei berarti pada rongga di atas rongga insang terdapat labirin. Ikan yang berasal dari famili Anabantidae memiliki ciri tubuh gepeng, agak panjang, hidung pendek, mulut kecil, memiliki sirip punggung yang berbeda dengan sirip dubur dan sirip dubur lebih panjang.

Dikutip dari tafshare, Genus Osphronemus bercirikan garis rusuk lengkap dan tidak putus, memiliki sirip perut dengan satu jari keras dan lima jari lemah, permulaan sirip punggung berada di belakang sirip dada dan sirip punggung lebih pendek daripada sirip dubur. Ciri khas morfometri gurami dewasa yaitu memiliki lebar badan hampir 2 kali panjang kepala atau ¾ kali panjang tubuhnya dan memiliki bentuk kepala yang tumpul, dengan dahi yang agak menonjol.

Di atas punggung ikan gurami dewasa terdapat sirip punggung yang keras dan tajam serta dibawah sirip punggungnya terdapat tulang rusuk yang bergaris menyilang. Ikan gurami jantan yang sudah dewasa mempunyai semacam tonjolan pada kepalanya yang berada diantara bibir atas dan mata, sedangkan ikan gurami betina tidak memilikinya.

Dasar sirip dada ikan gurami jantan berwarna keputih-putihan sedangkan pada betinanya berwarna hitam. Operkulum berwarna kekuning-kuningan pada ikan gurami jantan dan berwarna putih kecoklatan pada betina. Ujung sirip ekor ikan gurami jantan relatif rata sedangkan pada sirip ekor ikan gurami betina melengkung.

HABITAT IKAN GURAME

Habitat asli ikan gurame adalah di perairan air tawar seperti rawa, waduk dan danau. Gurame tidak dapat hidup di perairan yang dipenuhi gulma air karena seperti yang disebutkan di atas, gurame bernapas dengan cara mengambil oksigen secara langsung di permukaan air. Ikan gurame menyukai perairan yang tenang bersuhu 24-28 derajat Celcius dengan ketinggian lokasi hingga 800 mdpl.

KEUNIKAN IKAN GURAME

Berkat labirin yang dimiliki ikan gurame sehingga mengharuskannya bernafas langsung di atas permukaan air, gurame dapat bertahan hidup di air yang minim oksigen bahkan keruh. Selama gurame dapat mencapai permukaan air, ia dapat bertahan hidup.

Ikan gurame tergolong ke dalam ikan omnivora atau pemakan segala. Pada fase larva dan benih, gurame memakan fitoplankton, zooplankton, dan serangga air sedangkan gurame dewasa lebih menyukai tumbuh-tumbuhan.

Jika Anda sedang menjalani diet, ikan gurame cocok dijadikan salah satu menu harian karena ikan ini merupakan ikan yang rendah lemak.

Dalam masa pemijahan, induk jantan akan menyiapkan sarang yang cukup nyaman agar keturunannya nanti terlindung dari gangguan lingkungan di sekitarnya. Proses pembuatan sarang ini dapat berlangsung hingga 3 hari lamanya. Pemijahan terjadi ketika sarang telah layak untuk bertelur. Induk jantan akan menjaga telur-telur dari induk betina dengan sangat ketat agar dapat menetas tepat pada waktunya.

Saat menjaga telur-telur ini, induk jantan biasanya akan mengibaskan sirip dadanya ke arah sarang yang berisi telur. Hal ini dimaksudkan agar suplai kebutuhan oksigen untuk telur yang berada dalam sarang tetap tersedia.

 

Cari Bibit Ikan Gurame Yang Bagus & Murah? Chat WhatsApp di 0853-3532-5033

 

MANAJEMEN PAKAN IKAN GURAME

Induk gurame membutuhkan pakan dengan kadar protein sekitar 25-28%. Jumlah protein dapat disesuaikan berdasarkan ukuran ikan. Gurame berukuran 3-5 cm membutuhkan kadar protein sebanyak 38% sedangkan ukuran 5-15 cm membutuhkan kadar protein 22-28% dan ukuran di atas 15 cm akan membutuhkan kadar protein sebanyak 24-28%. Selama pemeliharaan ikan gurami, Anda dapat menambahkan vitamin E sebanyak 750 mg/kg untuk meningkatkan produktivitas induk betina.

Alternatif pakan ikan gurame yang dapat Anda berikan, berupa tumbuh-tumbuhan seperti daun talas, daun keladi, daun sente, daun singkong, daun kangkung, daun ubi jalar, daun pepaya. Selain tumbuh-tumbuhan Anda dapat memberi dedak, ampas tahu, dan bungkil kacang. Pemberian pakan dapat dilakukan pada pagi dan sore hari.

HARGA BIBIT IKAN GURAME

Ukuran Kapasitas/box Harga
2-3 5.000
3-5 4.000
4-6 3.000
5-7 2.000
7-9 1.250
9-10 700

 

PROSES PEMESANAN & PENGIRIMAN

Pemesanan bibit ikan gurame berkualitas dapat dilakukan melalui customer service kami di nomor 0853-3532-5033 dengan format nama, jumlah berat, dan alamat. Kami telah melayani pengiriman ke seluruh Indonesia seperti Makassar, Pontianak, Jakarta, Lampung, Banjarmasin, Palembang dan kota besar lainnya. Pengiriman akan dilakukan melalui darat dan udara (khusus untuk luar Pulau Jawa).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Tanya langsung di WhatsApp