Peluang Bisnis Budidaya Ikan Gurame yang Masih Menjanjikan

Hingga saat ini peluang bisnis budidaya ikan khususnya ikan air tawar semakin meningkat. Memang tidak heran melihat para pebisnis pemula yang terjun memberanikan diri menjadi pembudidaya ikan mengingat hasil yang akan didapat saat panen nanti. Misalnya saja ikan gurame yang masih menjadi pilihan untuk dibudidayakan.

Memang ikan gurame menjanjikan banyak keuntungan ketika panen berhasil. Namun bukan berarti nihil kekurangan saat Anda menjadi pembudidaya ikan gurame. Mari kita lihat mulai dari keuntungan atau kelebihan yang didapat jika Anda memilih untuk budidaya ikan gurame.

1. Harga jual tinggi

Jika Anda penggemar masakan ikan gurame, pasti Anda belum pernah menemukan gurame seharga ikan air tawar lainnya. Harga ikan gurame jauh lebih mahal dibanding ikan air tawar lain dan harga ini tetap stabil karena minat masyarakat yang tinggi untuk mengkonsumsi gurame. Harga yang stabil sangat menguntungkan bagi pembudidaya dan memberikan pendapatan yang sesuai bagi pembudidaya.

2. Pangsa pasar luas

Meski harga ikan gurame lebih mahal dari jenis ikan air tawar lainnya, namun ikan gurame selalu mempunyai pangsa pasar yang relatif stabil. Jadi Anda tidak perlu khawatir bagaimana menjualnya nanti apalagi jika Anda sudah memiliki pelanggan tetap dari restoran maupun hotel.

3. Kompetitor belum terlalu banyak

Pada beberapa wilayah di Indonesia, belum banyak ditemukan pembudidaya ikan gurame. Hal ini dikarenakan praktek budidaya ikan gurame yang lumayan berat dan lama sehingga para pembudidaya lebih memilih ikan air tawar lainnya. Namun sebagai pelaku usaha, Anda harus tetap melihat prospek usaha yang akan dipilih nanti.

Panduan & Cara Mudah Budidaya Ikan Gurame (Pemula)

Di sisi lain, Anda juga harus mengetahui kekurangan budidaya ikan gurame sebelum memulainya. Setidaknya ada 3 kekurangan dalam budidaya ikan gurame.

Source: Agro Niaga

1. Proses panen ikan gurame lebih lama dibanding ikan air tawar lainnya. Gurame yang siap panen harus dipelihara selama 2-3 tahun. Ini berarti Anda harus menyiapkan modal usaha yang cukup selama menanti masa panen tersebut.

2. Membutuhkan ukuran kolam yang luas untuk ruang gerak dan bertumbuh. Jangan samakan dengan ikan lele yang dapat hidup hingga ribuan di kolam berukuran kecil. 

3. Ikan gurame lebih rentan penyakit seperti jamur dan parasit. 

Saat Anda memulai budidaya ikan gurame, Anda juga harus memperhatikan pemberian pakan sesuai takaran agar ikan gurame dapat bertumbuh sesuai harapan Anda. Selain pelet sebagai pakan utama, ada beberapa pakan alternatif ikan gurame yang dapat Anda buat sendiri seperti bekatul, ampas tahu, daun pepaya, daun singkong, daun sente, daun lamtoro, Azolla micropylla dan rumput kering (fermentasi). 

Source: Info Ikan

Anda juga dapat memberi pakan berupa bekicot, limbah ikan, limbah udang, cacing, hingga belalang. Agar pertumbuhan ikan gurame Anda maksimal, maka Anda perlu mencari pelet yang memiliki kandungan protein 25%. Beri makan ikan gurame sebanyak 2 kali sehari di waktu pagi dan sore.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah pemilihan bibit ikan gurame. Di sini Anda dapat mempercayakannya pada Bibit Ikan yang telah berpengalaman sebagai supplier berbagai bibit ikan berkualitas. Kami menyediakan bibit ikan gurame berbagai ukuran dengan harga bersaing.

Jual Bibit Ikan Gurame di Surabaya, Jakarta, Bekasi, Lamongan

Ukuran Kapasitas/box Harga (Rp)
2-3 5.000 650/ekor
3-5 4.000 550-750/ekor
4-6 3.000 700-850/ekor
5-7 2.000 800-950/ekor
7-9 1.250 1.500-1.800/ekor
9-10 700 1.750-2.100/ekor
10-12 2.300-2.500/ekor

Customer service kami siap membantu proses pemesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia via darat dan udara. Segera hubungi customer service kami di nomor WhatsApp 0853-3532-5033.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Tanya langsung di WhatsApp