Budidaya Ikan Lele, Solusi Cepat Untung Besar Dengan Modal Kecil

Jika saat ini Anda ingin memulai bisnis budidaya ikan dan bertanya-tanya budidaya ikan apa yang memerlukan modal kecil saja namun menghasilkan untung besar, jawabannya adalah budidaya ikan lele. Mengapa demikian? Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Source: Inspirasi Makassar

Ikan lele bisa dibilang sebagai salah satu jenis ikan air tawar yang tak lekang oleh waktu bahkan popularitasnya tetap tidak tergeser sebagai ikan konsumsi masyarakat berbagai kalangan. Anda dapat menemui sajian olahan ikan lele di kedai kaki lima hingga restoran, sangat mudah menemui ikan favorit banyak orang ini. 

Dari pernyataan di atas, Anda sudah bisa menebak salah satu alasan mengapa budidaya ikan lele dapat menghasilkan nominal keuntungan yang menggiurkan bukan? Ya, karena peminat ikan lele masih sangat tinggi. Meski ikan lele sering diterpa berbagai berita miring namun seakan-akan masyarakat tidak peduli dan masih mengkonsumsi ikan lele. 

Lihat video Rahasia Ternak Ikan Lele, 40 Hari Langsung Panen!

Jadi, peluang budidaya lele terbilang masih terbuka lebar dan untuk memulainya Anda cukup mengeluarkan modal yang kecil mulai dari Rp 2 jutaan saja untuk membuat kolam, membeli benih lele, pakan dan vitamin. Di masa panen kedua, Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih sedikit lagi hanya untuk membeli bibit ikan, pakan dan vitamin saja.

Source: dkp jatim

Selain modal kecil, keuntungan lainnya yang didapat dari budidaya ikan lele adalah lele termasuk jenis ikan yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan mampu beradaptasi dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Keuntungan selanjutnya adalah bibit ikan lele mudah dicari. Meski demikian, Anda tetap harus jeli memilih bibit ikan lele yang berkualitas.

Baca juga Supplier Bibit Ikan Lele Budidaya – Jual Ikan Lele Kecil Harga Murah

Bibit Ikan sebagai supplier berbagai bibit ikan dan udang vaname, menyediakan bibit ikan lele unggulan dengan beragam jenis ukuran:

Ukuran Kapasitas/box Harga
2 7.000 80/ekor
3 5.000 100/ekor
4 4.000 140/ekor
5 3.000 160/ekor
6 190/ekor
7 210/ekor

Hubungi kami di nomor WhatsApp 0853-3532-5033 untuk mengetahui persediaan dan melakukan pemesanan. Bibit Ikan siap melayani pengiriman bibit ikan ke seluruh wilayah Indonesia melalui jalur darat dan udara. Kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Pontianak, Nganjuk, Mojokerto, Jombang, Blitar merupakan beberapa kota yang telah kami layani pengirimannya. 

Setelah Anda menemukan bibit ikan lele yang berkualitas, pastikan Anda memahami manajemen pakan ikan lele juga. Pakan utama ikan lele adalah pelet yang dibuat produsen pakan ikan sesuai dengan takarannya. Dilansir dari erakini, pelet dibagi menjadi dua jenis yaitu pelet apung dan pelet tenggelam. Pastikan Anda memberikan pelet sesuai dengan usia ikan.

Source: Info Ikan

Selain pelet, Anda dapat memberi beberapa pakan alami sebagai alternatif seperti belatung, fermentasi ampas tahu, ikan rucah yang tidak dapat dikonsumsi manusia, tepung ikan, bekicot, plankton dari pupuk kandang, cacing, eceng gondok, daun singkong.Beri makan ikan lele sebanyak 3 kali sehari di antara pukul 07.00-08.00, 16.00-17.00 dan 21.00-22.00.

Jika Anda masih banyak ikan lele yang mendongakkan kepala untuk makan, Anda dapat menambahkan porsi secukupnya saja. Lele akan siap dipanen ketika berukuran 7-12 cm. Jika Anda memulai dengan 2000 ekor bibit dan semua bibit berhasil dipanen, maka Anda akan mendapat hasil sekitar 500 kg ikan lele siap jual. Apabila harga jual ikan lele Rp 10.000 per kg maka Anda akan mendapat omzet sebesar Rp 5 juta dalam sekali panen. Siap menjadi pembudidaya ikan lele?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Tanya langsung di WhatsApp