Panen Ikan Nila Sukses Berkat Bibit Berkualitas

Kualitas bibit ikan menentukan keberhasilan panen. Jadi tunggu apalagi?

CEK HARGA SEKARANG

Seperti yang kita ketahui, ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang dikonsumsi banyak kalangan masyarakat. Ikan nila menjadi salah satu ikan yang digemari karena rasanya yang lebih gurih dan memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk pertumbuhan anak-anak sehingga mencegah stunting. Selain itu manfaat ikan nila untuk orang dewasa adalah dapat menjaga kolestrol, mencegah kanker hingga mencegah penuaan dini.

Melihat begitu banyak manfaat yang terdapat di ikan nila, tentu saja peluang untuk membudidayakan ikan ini pun semakin besar. Tapi sebelum menggeluti budidaya ikan nila ini, ada baiknya Anda mengetahui karakteristik dari ikan nila.

KLASIFIKASI IKAN NILA

Menurut Saanin, 1984 ikan nila yang mempunyai nama latin nama latin Tilapia nilatica dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Sub Filum : Vertebrata
Kelas : Osteichyes
Sub Kelas : Acanthopterygii
Ordo : Percomorphi
Sub ordo : Percoidae
Famili : Cichlidae
Genus : Oreochromis
Spesies : Oreochromis nilaticus

MORFOLOGI IKAN NILA

Ikan nila mempunyai bentuk tubuh yang pipih memanjang ke atas. Ikan nila dewasa memiliki panjang sekitar 30 cm. Memiliki sirip di punggung, dada, sisi dan dubur dengan ekor yang tegak berjumlah 7-12 buah. Sirip-sirip ini membantu pergerakan ikan nila semakin gesit di air. Ketika ikan nila mencapai berat 50 gram, Anda baru akan mengetahui perbedaan antara jantan dan betina. Untuk ikan nila jantan memiliki 2 lubang pengeluaran, masing-masing untuk anus dan urogenital (urine dan sperma). Sedangkan nila betina memiliki 3 lubang pengeluaran yang berfungsi sebagai anus, urine, dan genital.

HABITAT IKAN NILA

Sebagai jenis ikan tawar, habitat asli ikan nila adalah di danau atau sungai. Secara alami ikan nila dapat ditemukan di wilayah Syria di utara hingga Afrika Timur sampai ke Kongo dan Liberia, yaitu di Sungai Nil (Mesir), Danau Tanganyika, Chad, Nigeria, dan Kenya. Dilansir dari tafshare, karena ikan nila mudah beradaptasi, Anda dapat menemukan ikan nila hidup dan berkembang biak di perairan payau bahkan air laut. Tingkat toleransi yang tinggi membuat ikan nila dapat hidup di suhu air 14-38 derajat Celcius dan dapat hidup secara optimal pada suhu 25-30 derajat Celsius dengan tingkat pH antara 6-8,5.

POTENSI BUDIDAYA IKAN NILA

Potensi budidaya ikan nila masih bisa dibilang menjanjikan karena jumlah permintaan ikan di masyarakat tidak menurun. Selain itu keunggulan lain untuk budidaya ikan nila adalah masa panen yang tidak terlalu lama sekitar 2-6 bulan tergantung berat ikan, daya tahan tubuh ikan nila tergolong baik ketika menghadapi perubahan kondisi lingkungan, ikan nila termasuk ikan yang dapat berkembang biak dengan cepat.

Ikan nila juga dapat dibudidayakan di lahan sempit asal media budidaya memiliki sumber air mengalir yang layak dan bebas limbah. Anda dapat memulai budidaya ikan nila di kolam terpal, kolam tanah, bioflok bahkan selokan berair bersih dapat Anda manfaatkan sebagai media budidaya ikan nila.

MANAJEMEN PAKAN IKAN NILA

Sama seperti ikan budidaya lainnya, pakan utama ikan nila adalah pelet dengan kadar protein 20-30%. Namun Anda dapat memberi pakan alternatif mulai dari tumbuh-tumbuhan seperti daun talas, kangkung, dedak, lumut, azolla, ampas kelapa, artemia, kutu air. Selain itu Anda dapat memberi pakan yang berasal dari hewani seperti tepung bekicot atau tepung keong mas, maggot, tepung ikan rucah, tepung cacing, wolffia, lemna sp, plankton atau fitoplankton.

Dikutip dari situs Alam Tani, berikut ini perhitungan dosis pakan ikan nila budidaya:

  • Dalam satu kolam terdapat 1500 ekor ikan nila berukuran 10-20 gram/ekor.
  • Rata-rata bobot ikan → (10+20)/2 = 15 gram/ekor.
  • Perhitungan pakannya → 15 x 1500 x 3% = 675 gram = 6,75 kg per hari.
  • Cek bobot ikan setiap dua minggu untuk menyesuaikan jumlah pakan.

HARGA BIBIT IKAN NILA MERAH & NILA HITAM

Cari benih ikan nila merah & hitam untuk budidaya? Kamu bisa cek info harganya yang dijual oleh BIBITIKAN.ID

DAFTAR HARGA BIBIT IKAN NILA MERAH

Ukuran Kapasitas/box Harga (Rp)
Larva 7.000 150.000/rean
1 15.000 170.000/rean
2 8.000 230.000/rean
3 5.000 65/ekor
4 4.000 75/ekor
5 3.000 100/ekor
6 135/ekor

DAFTAR HARGA BIBIT IKAN NILA HITAM

Ukuran Kapasitas/box Harga (Rp)
Larva 7.000 130.000/rean
1 15.000 150.000/rean
2 8.000 200.000/rean
3 5.000 250.000/rean
4 4.000 300.000/rean
5 3.000 350.000/rean

*) Harga diatas sewaktu-waktu dapat berubah, chat admin untuk informasi harga terbaru

PROSES PEMESANAN & PENGIRIMAN

Proses pemesanan bibit ikan nila dilakukan melalui customer service kami di nomor 0853-3532-5033 dengan format nama, jumlah berat, dan alamat. Kami telah melayani pengiriman ke seluruh Indonesia seperti Makassar, Pontianak, Jakarta, Lampung, Banjarmasin, Palembang dan kota besar lainnya. Pengiriman akan dilakukan melalui darat dan udara (khusus untuk luar Pulau Jawa).

CEK HARGA SEKARANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Tanya langsung di WhatsApp