Tak Main-main, Potensi Budidaya Udang Vaname Diprediksi Capai Triliunan!

jual bibit udang vaname

Pemerintah Indonesia melalui Menteri Kelautan dan Perikanan merasa optimis bahwa Indonesia akan menjadi produsen udang vaname terbesar di dunia apabila program kerja terlaksana dengan baik. Seperti yang kita tahu, permintaan udang vaname di Indonesia sendiri cukup tinggi bahkan kini udang vaname diekspor ke mancanegara.

Melihat potensi yang besar, pemerintah Indonesia pun berencana membuka tambak udang seluas 200 ribu hektare hingga tahun 2024 nanti. Menurut Menteri Sakti Wahyu Trenggono, dengan total lahan tambak tersebut dan siklus panen udang vaname 80 ton per hektare per tahun, maka analisis ekonominya dapat mencapai Rp 1.200 triliun. 

Rencana pemerintah ini tentu saja membawa angin segar bagi para petani udang atau orang-orang yang ingin memulai budidaya udang vaname. Nah, jika Anda salah satunya, Anda perlu mengetahui beberapa tips umum untuk memulai budidaya udang vaname di artikel ini

Setelah mengetahui tips budidaya udang vaname, mulai dari membuat tambak, manajemen air, jangan lupa untuk mencari tahu dengan jelas bagaimana manajemen pakan udang vaname ini. Jangan sampai karena asal beri pakan, udang vaname malah gagal panen. Dilansir dari situs Jala, bentuk pakan udang dibedakan menjadi 3 jenis yaitu powder, crumble dan pellet yang nantinya disesuaikan dengan ukuran udang.

Source: Jala Tech

Setiap produsen pakan akan memproduksi pakan udang sesuai dengan tabel di atas dan petani udang harus menyesuaikan pemberian pakan agar pakan dimakan seefektif mungkin oleh udang vaname tersebut. Meski udang dapat memakan pakan alami berupa plankton yang ditemukan di tambak, namun udang tetap harus diberi pakan olahan yang bernutrisi.

Sama seperti ikan, udang juga perlu asupan protein, lemak, karbohidrat,vitamin, mineral dan asam amino esensial. Nutrisi tersebut akan dimanfaatkan udang untuk hidup, beraktivitas, bertumbuh. Tapi bukan berarti Anda dapat memberi nutrisi tanpa takaran yang sesuai sesuai dengan umur udang. Anda dapat merujuk pada tabel pemberian nutrisi di bawah ini:

Source: Jala Tech

Dapat dilihat pada tabel tersebut, persyaratan mutu pemberian nutrisi dibagi menjadi 3 tahapan yaitu starter yang merupakan tahap awal masa budidaya. Dilanjutkan grower yang diberikan saat masa pertengahan budidaya dan terakhir finisher yang akan diberikan di akhir masa budidaya. Selain kandungan nutrisi di atas, biasanya produsen pakan juga sudah memberi tambahan suplemen berupa vitamin, mineral dan imunostimulan.

Ketika semua persiapan sudah matang, pastikan Anda mencari supplier udang vaname yang berkualitas. Untuk itu, Anda dapat menghubungi customer service Bibit Ikan yang berlokasi di:

BIBITIKAN.ID

Jl. Raya Karanglangit, Lamongan

WhatsApp: 0853-3532-5033

Baca juga Jual Bibit Udang Vaname Terdekat di Surabaya | 0853-3532-5033

Kami menyediakan berbagai bibit ikan dan bibit udang vaname kualitas nomor 1 dengan harga terbaik. Silakan hubungi kami di nomor WhatsApp 0853-3532-5033 untuk mengetahui harga bibit udang vaname terbaru. Kami mensupply permintaan bibit udang vaname di seluruh Indonesia dan melayani pengiriman melalui jalur darat dan laut. Jadi, segera hubungi kami untuk cek harga bibit udang vaname.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Tanya langsung di WhatsApp