Tempat Beli Bibit Ikan Lele di Surabaya, Jogja, Denpasar

jual bibit ikan lele harga murah

Cari di Bibit Ikan saja. Supplier Bibit Ikan Air Tawar Terpercaya Para Petani Ikan!

Ikan lele, salah satu jenis ikan air tawar yang begitu diminati oleh masyarakat Indonesia. Sehingga tak heran jika Anda menemukan banyak sekali santapan berbahan dasar ikan lele di kedai makanan kaki lima. Hal ini berarti peluang budidaya ikan lele masih tebuka lebar mengingat permintaan masyarakan yang stabil hingga saat ini. Belum lagi budidaya ikan lele tidak membutuhkan banyak modal namun menghasilkan keuntungan yang besar.

Untuk memulai budidaya ikan lele, Anda cukup mengeluarkan modal yang kecil mulai dari Rp 1 jutaan saja untuk membuat kolam, membeli benih lele, pakan dan vitamin. Di masa panen kedua, Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih sedikit lagi hanya untuk membeli bibit ikan, pakan dan vitamin saja. Meski budidaya ikan lele terlihat sangat mudah, tidak ada salahnya untuk mengenal ikan lele lebih dekat lagi sebelum Anda memulai usaha ini.

 

Cari Bibit Ikan Lele? Harga Murah, Kualitas Bagus -> WhatsApp di 0853-3532-5033

 

MORFOLOGI IKAN LELE

Apa yang paling diingat dari bentuk tubuh ikan lele? Sudah pasti “kumisnya” yang ternyata berfungsi sebagai antena. Bentuk kepala ikan lele tergolong berbeda dari ikan lainnya karena lebih panjang, hampir mencapai seperempat dari panjang tubuhnya dengan bentuk kepala pipih ke bawah (depressed). Sekilas ikan lele hampir mirip dengan sidat yang bertubuh pendek. Bentuk tubuh ikan lele juga berbeda dengan ikan pada umumnya karena berbentuk bulat dan tidak memiliki sisik sementara bagian belakang tubuhnya berbentuk pipih ke samping (compressed). Pada bagian atas dan bawah kepalanya tertutup oleh tulang pelat yang membentuk ruangan rongga di atas insang.

Mulut ikan lele dilengkapi oleh gigi berupa gigi nyata atau hanya berupa permukaan yang kasar dimulut bagian depan. Ikan lele memiliki 4 pasang sungut yang terletak di sekitar mulut, sepasang sungut hidung, sepasang sungut mandibular luar, sepasang sungut mandibular dalam dan sepasang sungut maxilar. Di dekat sungut, terdapat alat olfaktori yang berfungsi untuk perabaan dan penciuman serta penglihatan pada ikan lele yang kurang berfungsi baik.

Mata ikan lele berbentuk kecil dengan tepi orbital yang bebas. Sepasang sirip ekor ikan lele berbentuk membulat dan tidak bergabung dengan sirip punggung maupun sirip anal, sirip perut membulat dan panjangnya mencapai sirip dubur. Di bagian sirip dada dilengkapi sepasang duri tajam yang umumnya disebut dengan nama patil. Ikan lele yang biasa ditemui di pasar berwarna hitam namun ada juga yang berwarna coklat, merah muda hingga albino tergantung jenisnya.

 

HABITAT IKAN LELE

Ikan lele dapat Anda temukan di perairan sungai yang memiliki arus pelan, rawa, telaga, waduk, sawah yang tergenang air. Bahkan ikan lele dapat hidup di perairan tercemar seperti selokan dan got. Meski ikan ini tergolong tidak pemilih soal tempat tinggal, ada baiknya untuk memperoleh hasil budidaya yang baik, tempatkan ikan lele di perairan dengan suhu air 25-30 derajat Celcius dengan derajat keasaman atau pH normal 6,5-7,5 serta kandungan oksigen (O2) cukup sekitar > 3 mg/l.

Sedangkan kandungan CO2 air maksimum di angka 11 mg/l. Anda dapat membudidayakan ikan lele di ketinggian 1-800 mdpl. Lele dapat bertahan hidup di lokasi yang minim air sehingga pada awal budidaya, para peternak lele memilih sawah dan tepi sungai untuk membudidayakan ikan ini.

 

SIFAT IKAN LELE

Ikan lele tergolong ikan yang gemar beraktivitas di malam hari atau nokturnal. Sedangkan di siang hari, ikan ini akan bersembunyi di tempat-tempat yang gelap dan tidak akan banyak bergerak. Melihat sifat utama ikan lele, para pembudidaya akan melakukan rekayasa lingkungan tempat tinggal ikan lele dengan membuat kolam yang teduh dengan daya tembus cahaya matahari kurang dari 30 cm dan membuat air yang keruh karena fitoplankton yang cukup padat.

Pada dasarnya ikan lele tergolong ikan pemakan segala atau omnivora. Sifat pemakan segala dapat membuat ikan lele berubah menjadi ikan kanibal, pemakan sesama ketika kita tidak memperhatikan pemberian pakan dengan baik.

 

Cari Bibit Ikan Lele? Harga Murah, Kualitas Bagus -> WhatsApp di 0853-3532-5033

 

MANAJEMEN PAKAN IKAN LELE

Ikan lele mempunyai kebiasaan makan di dasar perairan atau bottom feeder. Maka sangat tepat memberi pakan pelet tenggelam pada ikan lele dan pilih pelet yang mengandung 70% protein. Beri makan ikan lele sebanyak 3 kali sehari di antara pukul 07.00-08.00, 16.00-17.00 dan 21.00-22.00. Jika Anda melihat masih banyak ikan lele yang mendongakkan kepala untuk makan, Anda dapat menambahkan porsi secukupnya saja.

Selain pelet, Anda dapat memberi beberapa pakan alami sebagai alternatif seperti belatung, fermentasi ampas tahu, ikan rucah yang tidak dapat dikonsumsi manusia, tepung ikan, bekicot, plankton dari pupuk kandang, cacing, eceng gondok, daun singkong. Jentik nyamuk dan hama juga dapat menjadi pakan alternatif ikan lele. Inilah mengapa di awal budidaya, ikan lele banyak ditemui di perairan sawah.

 

HARGA BIBIT IKAN LELE

Ukuran Kapasitas/box Harga
2-3 7.000
3-5 5.000
4-6 4.000
5-7 3.000

 

PROSES PEMESANAN & PENGIRIMAN

Anda dapat beli bibit ikan lele melalui customer service kami di nomor 0853-3532-5033 dengan format nama, jumlah berat, dan alamat. Kami telah melayani pengiriman ke seluruh Indonesia seperti Makassar, Pontianak, Jakarta, Lampung, Banjarmasin, Palembang dan kota besar lainnya. Pengiriman akan dilakukan melalui darat dan udara (khusus untuk luar Pulau Jawa).

WA: 0853-3532-5033

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Tanya langsung di WhatsApp